SHINee [17 Years Later]

Title :  SHINee [17 Years Later…?]

Author : Keyholic a.k.a Shin Hyun Chan

Cast : Author, SHINee  & Jung Yoogeun

Genre : Up To Reader (kalo ada yg baca)

Length : Oneshot

Rate : G

Annyeong.. ini sebenarnya bukan karya aku (cute pixie), tapi karya temenku.. si Keyholic.. tapi aku bantuin nambahin ceritanya n post ffnya.. kekeke~

Jeongmal gomawo bagi yang udah mau merelakan & meniatkan dirinya untuk membaca..

Komentar reader sekalian sangat berarti untuk temenku dan aq.. *bow bolak-balik*

****

Author POV

25 Mei 2025

Tepat 17 tahun yang lalu di bulan dan tanggal yang sama, sebuah boy band diterbitkan oleh perusahaan bernama SME. Boyband itu terdiri dari 5 namja dengan fansclub yang disebut  shawol, singkatan dari SHINee World.

Apakah kalian tau siapa mereka?

Yup! Tepat sekali.. mereka adalah SHINee, yang terdiri dari Lee Jinki a.k.a Onew sebagai leader, Kim Jonghyun sebagai lead vocal, Kim Kibum a.k.a Key sebagai vocalis dan rapper, Choi Minho sebagai rapper dan Lee Taemin sebagai lead dancer.

Dan setelah 17 tahun mereka bersama sebagai bagian dari SHINee, tanggal 20 Mei 2025 mereka mengadakan konferensi pers, memberitahukan kabar yang mengagetkan para shawol. SHINee tidak akan aktif lagi. Dan selama kedepannya mereka akan berkarir sendiri-sendiri, sungguh kabar yang sangat mengejutkan.

Aku jadi teringat kembali pada konferensi pers 5 tahun yang lalu di gedung SME ini juga.  Saat itu SHINee diterpa rumor yang menyatakan bubarnya SHINee. Setelah pihak dari SHINee memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak lagi dengan SME untuk sementara dan Onew sebagai leader SHINee membenarkan kabar tersebut.

“Ya, kabar itu memang benar adanya, tetapi kami tak menyatakan kami benar-benar akan bubar. Kami hanya membutuhkan waktu untuk berfikir mengenai kontrak tersebut, selain itu kami juga membutuhkan waktu untuk menyelesaikan pendidikan kami yang sempat tertunda dikarenakan schedule kami yang super padat. Jadi itulah alasan kami menunda perpanjangan kontrak dengan SME, hingga kami dapat memutuskan jalan yang terbaik. Suatu saat nanti  jika kami telah membuat keputusan yang terbaik, maka kami akan menyampaikannya pada kalian,”

“Jadi kami berharap kepada shawol akan tetap mendukung kami apapun yang terjadi,” Onew mengakhiri ucapannya disertai tepuk tangan riuh dari para wartawan dan shawol yang hadir pada saat itu.

Sejak saat itu, SHINee tak pernah lagi tampil di layar kaca. Kurasa mereka memang benar-benar ingin menikmati kehidupan mereka sebagai masyarakat  yang normal. Saat ini aku sedang menghadiri konser terakhir mereka. Konser yang dibiayai besar-besaran oleh SME sebagai bentuk penghargaan mereka pada SHINee yang pernah menjadi salah satu bagian dari SME. Konser yang tak memungut biaya dan pastinya gratis. Dan aku merasa sangat beruntung, Karena aku dan ketiga orang yang kusayangi  berhasil memperoleh tiket gratis itu. Tak ada artis-artis yang terlihat di acara ini, ya.. mungkin karena acara ini didedikasikan khusus untuk para shawol, padahal aku juga ‘kan ingin berfoto-foto ria dengan para selebritis itu, selagi aku berada di tanah Korea.

Tepuk tangan riuh menggema seantero stadion sepakbola Seoul ini dan aku termasuk satu dari ribuan –bahkan jutaan – shawol yang kira-kira berusia 30-an sampai 40-an tahun, termasuk diriku.

Sesaat kemudian SHINee menampakkan diri dari balik panggung secara berurutan. Mereka berpakaian serba hitam dengan atasan yang sedikit memamerkan abs mereka yang telihat sangat kekar. Tak disangka dalam kurun waktu 5 tahun bisa merubah tampilan mereka jadi drastis seperti ini. Onew muncul paling pertama, lalu disusul Jonghyun, lalu Key, Minho, dan terakhir si magnae Taemin. Wajah polos mereka sekarang tak tampak lagi, tapi keramahan mereka masih tetap terlihat hingga detik ini. Dandanan mereka terlihat sangat manly ditambah lagi dengan tubuh mereka yang semakin terlihat seperti ‘pria’.

Jujur saja, aku tak suka dengan gaya mereka sekarang ini. Aku lebih menyukai gaya mereka yang cute dan ‘manis’ dibandingkan sekarang.Waktu memang bisa membuat orang menjadi berbeda.

Mereka semuanya membungkuk dan memberi salam kepada para shawol. Sangat tampan, tapi eh.. tunggu dulu, dimana aura cute seorang Lee Taemin saat ia sedang tersenyum? TIDAK ADA. Huh, sepertinya yang tampak kini hanya senyum cool yang tersungging dibibir mereka yang tampak memesona.

Kualihkan pandanganku pada Key, namja itu telah menjadi member favoritku dari dulu hingga sekarang.Sedetik kemudian kupandangi sesosok lelaki yang duduk disampingku. Lelaki itu sedang memangku seorang malaikat kecil yang tampan milik kami berdua. Dialah pendamping hidupku, seseorang yang berhasil menyingkirkan posisi Key SHINee di hatiku.. dan didalam dunia fantasi ku hehehe :p

Sosok Key yang selalu ku sebut-sebut sebagai ‘my husband’, tapi kenyataannya bukan. Sekarang yang duduk disampingku ini ialah suamiku yang bukan sosok seperti Key SHINee. Menurut penelitianku, sekitar 70% shawol yang menghadiri konser ini juga bernasib sepertiku, memanggil nama salah satu member favorit mereka dengan sebutan ‘chagiya’ , bahkan ‘nampyon’. Tapi kenyataannya sekarang, orang lainlah yang mendapatkan gelar tersebut dari mereka.. hehehe.. aneh, bukan?

Dia memang bukan seorang Key SHINee. Dia hanya seorang namja biasa yang entah kebetulan atau apa sifatnya sebelas duabelas dengan Key. Terkadang ia judes, kadang-kadang bisa berubah menjadi ceria, terkadang ia juga menjadi sosok yang sangat penyayang.

Kini pandanganku beralih pada wanita yang tengah duduk di sebelah kananku. Dialah sahabatku, teman seperjuanganku saat menjadi seorang shawol., lebih tepatnya seorang shawol tingkat akut. Percaya atau tidak, saat SMA dulu kapanpun dan dimanapun kami pasti akan mengobrol tentang SHINee. Saat sedang mengerjakan tugas kelompok, saat sedang belajar, saat guru sedang menerangkan , bahkan saat ulangan pun jika pengawas ulangannya berhati baik. Kami pasti akan selalu membicarakan SHINee baik itu berupa pujian taupun ‘celaan’, tapi itu hanya bercanda saja.

Sahabatku itu sangat beruntung. Kenapa? Bayangkan saja, wajah pendamping hidupnya sangat mirip dengan sosok seorang Lee Taemin di MV Amigo. Haish, beruntung sekali dia! Wajah pendampingnya bisa semirip itu dengan member favoritnya di SHINee.. ckckck.. Apalagi saat suaminya itu tersenyum, omona.. SANGAT MIRIP..!! dia memang sangat beruntung.

***

SHINee mulai menampilkan single mereka dari yang pertama kali melakukan debut hinggal single mereka yang terakhir kali dibuat pada tahun 2020 lalu. Tak banyak yang berubah dari performa mereka, gerakan dance mereka.. tetap masih sama seperti 17 tahun yang lalu,Yah.. walaupun usia mereka sudah tak bisa dibilang muda lagi.

Konser malam ini  sangat meriah. Setelah beberapa penampilan mereka, kini saatnya pemutaran acara-acara yang pernah mereka bintangi, tentu tidak semua.. tetapi hanya beberapa cuplikan foto-foto mereka. Dan saat pemutaran foto-foto mereka semenjak membintangi Hello Baby bersama seorang anak bernama Jung Yoogeun.

Tiba-tiba seorang namja berwajah tampan melangkah naik keatas panggung diiringi sorotan cahaya. Dialah Jung Yoogeun,balita yang mendadak sangat terkenal pada tahun 2010 karena menjadi anak asuh boyband kenamaan Korea dalam reality show “Hello Baby Season 2”. Tapi itu dulu.. ia bukan lagi Jung Yoogeun si anak balita yang lucu, melainkan Jung Yoogeun si namja tampan.

Oh iya, aku akan menceritakan sedikit mengenai Yoogeun. Setelah ia berumur 9 tahun, ia dan keluarganya pindah ke Jepang dan saat itu kurasa ia benar-benar kehilangan kontak dengan SHINee. Saat 11 tahun ia tiba-tiba menjadi salah seorang trainee di SME. Dan pada tahun 2018 ia bergabung dalam sebuah boyband orbitan SME. Boyband itu tidak melakukan debut di Korea, melainkan di Jepang. Di groupnya itu ia berposisi sebagai lead vocal dan lead dance, sangat persis dengan posisi kedua appa-nya, Jonghyun dan Taemin. Setelah 4 tahun debut di Jepang, ia kini merambah dunia film dan menjadi actor di beberapa film yang penjualannya sukses besar diseantero Asia. Ia dikenal sebagai Jung Yoogeun, actor dan penyanyi mudan dan berbakat, yang namanya terus saja bersinar.

Seketika suasana di stadion ini mengharu biru. Yoogeun memeluk appa-appanya diiringi tangisan masing-masing. Jika dulu tinggi Yoogeun tak lebih setinggi lutut Minho, sekarang tinggi Yoogeun bahkan melebihi mereka. Semuanya ikut terharu tak terkecuali diriku. Dan kurasa nanti jika acara ini sudah berakhir, pasti SHINee dan Yoogeun akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama sebelum Yoogeun kembali ke Jepang untuk minggu depan.

Dan mungkin saja mereka akan membuat berita di TV mengenai ‘Pembukaan Kapsul Waktu’ yang mereka simpan sewaktu syuting terakhir Hello Baby season 2 dan akan dibuka setelah Yoogeun berumur 21 tahun, tepat di tahun ini, kotak kapsul berisi barang-barang kenangan SHINee dan Yoogeun.

“Aku berpikir.. apakah saat Yoogeun nanti berusia 20 tahun.. ia masih akan mengingat kita (SHINee)?”

Aku masih sangat ingat perkataan Onew saat syuting terakhir Hello Baby season 2. Kurasa pertanyaannya itu terjawab sekarang. Ya, jelas saja Yoogeun pasti tak akan melupakan mereka.

Setelah puas bernangis-nangis ria diatas panggung. Pandangan shawol kembali tertuju pada layar LCD yang terpampang dibelakang para personil SHINee. Tiba-tiba saja muncul gambar disertai tulisan bersar “SHINee and their happy family”

Menyadari kebingungan para shawol, Onew selaku leader berusaha menjelaskan. “Ini adalah foto keluarga kecil kami, selama 5 tahun ini banyak hal-hal yang tak terduga, termasuk urusan pernikahan dan beberapa malaikat kecil kami,”

2 tahun lalu para shawol sempat dikagetkan dengan rumor bahwa semua member SHINee telah menikah.Tapi tak ada seorang pun yang dapat membuktikan hal tersebut. Jangankan membuktikan, nama para wanita yang menikah dengan member SHINee saja tak pernah terdengar.

Dan ternyata rumor itu memang benar adanya. Tapi saat kulihat ekspresi para shawol yang hadir ditempat ini biasa-biasa saja, toh Karena para shawol sudah merasa tak memiliki SHINee lagi, mereka sudah memiliki pendamping masing-masing yang akan mendampingi mereka, mungkin sampai mereka mati.

Dan begitu pula dengan sahabatku yang tengah duduk disebelah kanan ku ini. Kurasa jika hal ini sampai terjadi saat kami masih SMA, mungkin ia sudah membanting komputernya saat melihat berita ini di internet dan setelah itu ia akan melupakan segala hal tentang SHINee dan mulai membicarakan Justin Bieber  yang menyebalkan itu *buat fansnya justin bieber, jangan bunuh saya…* ataupun game The Sims-nya. Huh!

Asal tau saja, meskipun ada siswa di sekolahan kami yang mengagumi Lee Taemin, ia akan ngambek sejadi-jadinya dan tak mau mengetahui hal apapun tentang SHINee untuk beberapa hari. Apalagi jika ia mendengar kabar Taemin sudah menikah, kurasa ia akan melupakan SHINee selama-lamanya. Tapi pastinya saat ini ia tak akan mempermasalahkan itu lagi. Bagaimana tidak, sahabatku itu telah mendapatkan suami hasil foto kopi dari seorang Lee Taemin.

Mari kita kembali fokus ke SHINee lagi.

Foto yang terpampang paling pertama ditampilkan ialah foto Onew. Terlihat foto dirinya dengan seorang yeoja. Selanjutnya foto pernikahan mereka, lalu foto-foto di kehidupan sehari-hari mereka bersama anak-anak mereka. Sepertinya wajah istri Onew cukup familiar.. kalau tak salah istrinya salah seorang member girlband yang sama-sama bersinar sama seperti SHINee pada tahun 2008-2010. Tapi aku lupa siapa nama wanita itu.

Selanjutnya gambar-gambar itu tergantikan oleh beberapa foto si bling-bling. Apakah kalian tahu apa yang ada di otakku saat melihat foto-foto Jonghyun bersama istri dan anak-anaknya? PERFECT. Itulah kata yang terlintas di pikiranku saat melihat sosok wanita yang menjadi pendamping hidup si Bling-bling. Wajahnya, penampilannya, bahkan selera fashionnya tak diragukan lagi.

Selanjutnya foto Key SHINee-lah yang diperlihatkan. Mulai dari foto pernikahannya sampai fotonya bersama istri dengan seorang balita yang digendongnya. Tapi tunggu dulu.. setelah kuperhatikan lebih teliti.. ah, aniyo.. aku ini buta atau apa? Istri seorang Key SHINee adalah Amber f(x) dengan rambut panjangnya, tapi kurasa itu hanya rambut palsu yang dipakai Amber saat foto pernikahan mereka , agar terlihat lebih menarik. Hellow…?? Apakah para affxtion diseberang sana juga sama seperti shawol? Apa mereka benar-benar kecolongan mengenai kabar Amber f(x) yang telah menikah dengan seorang Key SHINee? Yah, sepertinya memang begitu. Kurasa Key dan Amber amat lihai menutupi rahasia mengenai hubungan mereka dengan sempurna.

Selanjutnya foto-foto milik Key digantikan oleh beberapa foto Minho dan istrinya. Mulai dari foto pernikahan mereka, hingga foto pasca anak mereka lahir ke dunia. Istrinya berwajah imut, kulitnya putih bersih, tubuhnya ramping, rambutnya panjang terurai. Ia nampak sepadan mendampingi namja seperti Minho.

Dan terakhir, dialah si magnae SHINee, Lee Taemin. Kurasa ialah yang paling terakhir menikah diantara para hyungdeulnya. Sepertinya anaknya juga masih sangat kecil. Dan selain itu, dibandingkan dengan istri-istri para hyung-nya, mungkin istrinya-lah yang wajahnya terlihat paling biasa dan sederhana. Istrinya memang tak cantik, tapi sangat manis. Dan sepertinya ia memiliki sifat penyayang sama seperti suaminya.

Tak terasa 3 jam lebih konser perpisahan ini berlangsung. Entah kenapa aku merasa sangat sedih.. mungkin karena ini konser terakhir dari SHINee.

Onew memegang mic dan mulai bersuara,”Mungkin inilah persembahan terakhir yang dapat kami lakukan sebagai seorang SHINee kepada semua shawol yang telah setia mendukung kami. Kami tau, dimana ada pertemuan pasti aka nada perpisahan. 17 tahun yang lalu SHINee dipertemukan dengan shawol sebagai satu kesatuan, dan sejak saat itulah kalian selalu memberikan dukungan kepada kami dan hari ini tepat anniversary SHINee yang ke 17. Saatnya kami berpisah dengan kalian semua sebagai SHINee  dan mungkin kami akan membuka lembaran baru lagi, memilih jalan masing-masing yang telah kami pilih, namun tak pernah ada kata menutup buku bagi para shawol. Kalian akan tetap di dalam hati kami dan akan tetap menjadi bagian dari kami walaupun tanpa status sebagai SHINee.Malam ini saya sebagai leader SHINee, sangat berterima kasih kepada shawol yang tetap setia mendukung kami hingga saat ini dan kami berharap kalian akan tetap member dukungan terhadap karir kami masing-masing kedepannya.”

Onew mengakhiri ucapannya diiringi lagu The Name I Loved dengan hiasan kertas-kertas berwarna-warni yang berhamburan dari atas. Konser berakhir dan begitu pula SHINee. Semua ini akan menjadi salah satu catatan sejarah hidupku bagi diriku, para shawol, dan mungkin para SHINee sendiri. Kedepannya kami akan melihat mereka lagi. Bukan sebagai SHINee, melainkan sebagai seorang Lee Jinki, Kim Jonghyun, Kim Kibum, Choi Minho, dan Lee Taemin. Sedih memang, tapi itulah jalan hidup yang telah mereka putuskan.

Aku beranjak dari kursi penonton dan mulai melangkahkan kakiku menuruni tangga. Tapi tiba-tiba kurasakan tubuhku berguling dan terjatuh kebawah.

BUKK!!!

“AWW…!!! APPOYOOOO…~” aku meringis, perlahan kubuka kedua mataku, berusaha melihat apa yang terlihat didepan mataku. Aku mendongakkan kepalaku, ini terlihat seperti langit-langit kamarku..

Aku menggaruk kepalaku yang tidak gatal, lalu menoleh ke seberang kanan. Eh? Kenapa aku berada dibawah tempat tidurku sendiri?! Apakah aku tadi terjatuh dari tempat tidur?

Lho.. kok? Kenapa bisa? Baru saja tadi aku berada di stadion untuk menghadiri konser terakhir SHINee..

Tanpa sadar pandanganku terfokus pada seragam putih abu-abu yang tergantung manis di dinding kamarku. Disampingnya tergantung kalender dan setelah aku bangkit dan meneliti tanggal berapakah hari ini dan.. omo..

25 Mei 2010??

Uhm.. chankaman.. aku masih bingung..

Jadi.. ini semua hanya mimpi??

Aku masih berada di tahun 2010.. jadi, SHINee masih muda. Kalau masih muda, berarti mereka belum tua dan belum punya anak dan istri. Dan yang terpenting, MEREKA TAK AKAN BUBAR!!

Yeah!! Aku merasa sangat kegirangan, mendadak aku melompat-lompat sendiri karena terlalu senang. Paling tidak untuk saat ini mereka tak bubar, Ya.. kalaupun itu terjadi, itu masih sangat lama.

Aku jadi tak sabar ke sekolah untuk menemui sahabatku dan membicarakan tentang SHINee lagi…

“Yeyeyeye~.. SHINee tak jadi bubar.. horeeee!! Aku masih bisa melihat Key oppa..!!” aku berteriak kegirangan.

Tok-tok-tok.

“Hyunchan-ah! Kenapa berteriak sepeti itu, hah!”

Ups. Itu umma.

Aku buru-buru berlari menuju pintu kamarku, mengambil handuk mandi ku dan menyampirkannya di leherku. Perlahan kubuka pintu kamarku.Aku bisa melihat wajah kusut umma yang nampak saat melihat sosokku.

“Mianhe umma.. aku tidak sengaja.. hehe” ucapku sembari nyegir kea rah umma. Aku berlari menuju kamar mandi.”Aku mau mandi dulu ya umma.. umma jangan lupa menyiapkan baju sekolahku!”

“Ya! Memangnya kau mau kemana?” tanya umma heran.

“Lho? Aku kan mau ke sekolah..” aku memutar bola mataku dan melirik kearah jam dinding. “Sudah jam setengah tujuh.. nanti aku terlambat,”

Umma mendadak tertawa cekikikan.”Aduh,, hyunchan-ah.. kau ini ada-ada saja.. ini kan hari minggu!”

“MWO??”

*FIN*

Wkwkwkwk.. gaje yah?? mianhe yah.. *bow*

o iya, ending ff ini (kata si Keyholic) terinspirasi dari FF Lana di SHINing Story dgn judul ‘I thought It Was A Dream..

Mianhe Keyholic, aq nambahin ending di FF kamu yah.. *ditabok Keyholic*

mudah2n suka ya.. n jangan lupa komen.. ke ke ke~

Advertisements

82 responses to “SHINee [17 Years Later]

  1. berharap banget , klo yoogeun bakal ktmu lg sm SHINee dan membuka time capsule nya ..
    tp sedih , dan hampir nangis .. klo mereka akan bubar dan udah pnya khidupan masing2 .. bner” gag bisa byangin , gmn esok ..

    berharap yg trbaik aja buat , masa depan SHINee dan para SHAWOL ..

  2. 17 years later…? Bahkan belum sampai 17 tahun. Jonghyun sudah pergi meninggalkan shawol dan SHINee untuk selamanya. Jangankan perayaan konser terakhir. Sampai perayaan konser 1 dekade SHINee pun kita udah tanpa Jonghyun.
    Saya nulis ini 7 tahun lalu tapi gak nyangka kalau masa depan sebegini nyeseknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s