The Most Favorite Author – FFindo Award 2011 (please read!)

Selamat malam semuanya~~~ =D

Semoga belum bosan ketemu sama saya, karena tinggal 5 nominee lagi, maka 10 nominee akan diketahui oleh kalian semuanya. Sebelumnya, supaya tidak terjadi kesalahpahaman lagi, saya akan menyebutkan aspek-aspek penilaian untuk nominee The Most Favorite Author.

  1. Ide cerita. Awal dari membuat sebuah ff tentunya adalah ide cerita, dan semua yang pernah membuat cerita pasti tahu bagaimana susahnya mencari ide untuk sebuah cerita, apalagi ide yang jarang dimiliki oleh orang lain. Karena itu, ide cerita menjadi salah satu aspek penting dalam penilaiannya.
  2. Alur cerita. Terkadang ada ff dengan ide yang menarik, penuangan dalam bentuk tulisan yang baik, tetapi alur yang dibuat membosankan. Cukup sulit untuk membuat ff dengan alur cerita yang tidak membosankan, apalagi bila berbentuk series/chaptered. kalau alur ceritanya membosankan pasti lama-kelamaan ff tersebut jadi kurang peminatnya. Karena itu, alur cerita masuk kedalam aspek penilainnya.
  3. Gaya bahasa dan penulisan. Setiap author pasti memiliki gaya bahasanya sendiri. Untuk kalian yang merupakan reader aktif dan sering membaca ff disini pasti akan mengetahui perbedaan gaya bahasa setiap author, “oh.. ini bahasanya kamu banget thor,” atau “wah, ada yang beda nih bahasanya..” Nah, itu artinya kalian juga suka memperhatikan bagaimana author tersebut merangkai kata-katanya, bagaimana author tersebut memilih kata-kata dalam penulisan ceritanya. Dan gaya bahasa ini cukup berpengaruh pada sebuah ff, terkadang bahasa yang terlalu baku (berat) sulit dimengerti hingga reader jadi kurang menyerap ceritanya dan akhirnya malas untuk membaca lanjut karena tak mengerti dengan ceritanya. Jadi, bahasa juga masuk penilaian.
  4. Permainan emosi dalam cerita. Jujur, saya sendiri bingung harus menyebutnya dengan sebutan apa. Intinya, saat kalian membaca ff pasti kalian bisa merasakan emosi dari setiap adegannya, entah itu sedih, bahagia, sakit, atau lainnya. Ada ff yang benar-benar mengaduk emosi, membuat pembacanya merasa turut masuk dalam cerita itu, benar-benar larut dalam ceritanya. Ada pula ff yang flat, memang menceritakan adegan sedih atau bahagia, tetapi pembaca tidak turut merasakannya. Dan itu semua tergantung pada bagaimana sang author menulis adegannya saat itu, permainan emosi itu cukup sulit, dan meskipun author sudah membuatnya menggunakan hati, kadang maksudnya tak sampai pada pembaca. FF yang baik, pasti bisa membuat pembaca terus teringat dengan ceritanya, bagaimana setiap adegan dari ff tersebut berlangsung, nah ini merupakan salah satu aspek penting juga dalam penilaian.
  5. Respon pembaca. Tanpa ada reader, sebuah ff pasti tidak akan ada artinya, biarpun ceritanya bagus, pengaturan konfliknya tepat, kalau sama sekali tak ada yang membaca tentu percuma, bukan? Karena itu, kami memasukkan respon pembaca sebagai salah satu aspeknya, juga sebagai bentuk apresiasi kepada para pembaca. Karena tak sedikit pula reader yang turut membantu seorang author menjadi lebih baik dalam setiap ff-nya.
Hanya 5 aspek yang kami jadikan sebagai patokan dalam penilaian setiap ff, tapi kami menyeleksinya sesuai dengan aspek tersebut, tanpa terpengaruh oleh faktor – X (Cast, siapa authornya, dan lainnya). Sekali lagi saya tegaskan, CAST TIDAK BERPENGARUH PADA PENILAIAN. Saya sudah jelaskan pada postingan perilisan nominee ke-3, kalau kalian membacanya dengan jelas pasti kalian sudah paham. Tapi tak masalah, biar saya jelaskan lagi.
Kalau kalian selalu memperhatikan dan memang seorang reader aktif, pasti kalian juga menyadari kalau cast yang digunakan dalam setiap ff itu dominan SHINee, jangan tanya kenapa, karena kalau kalian tahu, dulu author dan admin FFindo sudah pernah membahasnya. Mencoba mencari solusi agar cast di FFindo ini bukan hanya SHINee saja, karena FFindo untuk seluruh GB/BB korea -bahkan sempat ada cast dari artis jepang, bukan hanya SHINee. Tapi pada kenyataannya, setiap author memiliki kewenangannya sendiri untuk menentukan cast ff-nya. Dan seperti yang kalian ketahui, SHINee masih menjadi primadona sebagai cast di setiap ff. Tapi untunglah sekarang FFindo sudah mulai banyak diisi dengan ff yang menggunakan maincast dari GB/BB lain.

Jadi, kami harap dengan sangat, tolong untuk teman-teman semuanya harap memahami dan memaklumi hasil dari penyeleksian ini. Kami juga sebenarnya sempat bingung, kebanyakan ff yang terpilih memang menggunakan cast SHINee, tapi bagaimana lagi, kenyataannya seperti itu. Dan satu lagi, penyeleksian ini tidak melalui pengiriman ff ke email seperti yang sebelumnya. Seleksi dilakukan langsung oleh panitia, tanpa pemberitahuan pada seluruh author. Dan untuk mengurangi rasa curiga, panitia yang menyeleksi merupakan anggota FFindo yang bisa dibilang sudah cukup lama ada disini, bahkan jauh sebelum FFindo seramai sekarang, jadi kami bisa jamin kemurnian proses seleksinya.

Terima kasih atas perhatian semuanya =)

4 responses to “The Most Favorite Author – FFindo Award 2011 (please read!)

  1. Nah!! jelas sudah sekarang! emang aspek penilaiannya cuma lima, tapi itu bener2 aspek2 paling berat dalam proses ff-ffan (?). kalo boleh jujur *silahkan* aku termasuk salah satu reader yang suka ngeliatin gaya bahasa para author yang ff-nya pernah kubaca.tapi aku bingung, ada author yang gaya penulisannya labil. kadang di satu ff, gaya bahasanya menghanyutkan. tapi di ff lain, gaya bahasanya seliweran. aku gak nyebut nama authornya loh ya, aku juga gak inget authornya siapa. aku lupa itu author di ffindo atau di blog lain. memang kalo bikin ff idenya udah jalan di otak kayak film, tapi nuanginnya, detil sekecil apapun kan harus ditulis juga. contoh, percikan-percikan air hujan dan sebagainya. aku yakin, yang masuk nominee pasti author-author handal ^^

  2. Mulai dan batas pemilihannya kira – kira sampai kapan chingu?? Kalau bisa sampai tanggal 7 keatas ya *nawar*, hehehe..,soalnya aku (dan rata2 tmn2 ku yg juga reader di sini)pada mudik, dan katanya agak ribet kalau untuk milih pas lagi mudik itu, alasan koneksi internet dan semacamnya^^ Gomawo~

  3. wah maaf ya kemaren ga sempet berpartisipasi. aku bener bener ga pede kirim FFku. Hehehe….
    tapi kalo aku ikutan,aku juga pasti ga bisa menang. Iyalah soalnya ffku kalah saingan sama nominasi pemenang itu *nangis dipojokan
    ada yg udah baca ffku? haha pasti tau kenapa aku kok bs minder ==
    eh ini utk pemenangnya voting ato keputusan juri? kalo voting, setuju sama GladissClaz ! kalo bisa setelah tanggal 7 soalnya koneksi internet pas sebelum/sesudah lebaran gila! Ya ya ya ! *maksa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s